How to unlock Celery Salt Foursquare Badge. seperti yang kita ketahui badge ini masih sodara kandung dari badge Chicago Blues yang cara unlocknya sudah saya tulis diartikel sebelumnya. Nah cara ...Read more

Tokopedia, mall di jagat maya

Mungkin saya termasuk yang telat mengulas tentang tokopedia.com, Tumben nih, bukannya tumben tapi ini adalah salah satu cara saya untuk menghargai hasil karya anak bangsa ini. Ceileee :komikus Apasih tokopedia itu? tokopedia dapat diartikan mall di jagat maya. Kita semua mungkin sudah sama mengerti seperti apa mall didunia nyata. Nah tokopedia ini tidak ubahnya sebuah virtual mall yang isinya gerai- gerai atau berbagai macam toko yang menjual berbagai macan keperluan. Simpel emang.. Meskipun mungkin idenya tidak terlalu original, tapi kemasan yang disajikan sangat menarik. Toh facebook pun bukanlah ide yang original, iya gak..?

tokopedia

Pada awal kemunculan tokopedia ini saya mendapatkan kehormatan dari pengembang untuk ikut berpartisipasi sebagai salah beta tester. Setelah mencoba berbagai fasilitas tokopedia dalam tahap beta tersebut saya kemudian berpikir, wah…project ini bakal sukses. Sungguh suatu ide yang dikemas dengan sangat menarik dan profesional. Disaat banyak pengembang web lain masih sibuk dengan portal dan berbagai web – web konvensional lainnya mereka sudah dua langkah lebih maju, dengan tokopedia

Ide awal berdirinya tokopedia ini sangat sederhana, ini berdasarkan pengakuan yang punya gawean

Saat itu saya juga dipercaya sebagai Super Moderator di salah satu forum besar Indonesia. Dan dalam komunitas forum tersebut, salah satu yang paling besar adalah komunitas Jual Beli nya. Hanya saja dalam aktivitas jual-beli lewat forum tersebut, tidak jarang terjadi kasus penipuan. Si korban biasanya mengirimkan pesan pribadi kepada saya untuk meminta pertolongan. Karena fungsi forum pada dasarnya adalah sebagai wadah untuk berdiskusi, bukan wadah untuk bertransaksi online, sayapun tidak bisa membantu banyak selain menasehati untuk lebih berhati-hati dalam bertransaksi online di masa akan datang.

Kombinasi antara kebutuhan dan masalah tersebut, membuat saya menyadari bahwa pasar e-commerce di Indonesia sebenarnya sudah berjalan. Terbersit ide, bagaimana jika ada sebuah website dimana pengunjung bisa membuat website mereka sendiri? Sebuah website yang dilengkapi dengan fungsi transaksi-online dengan mekanisme transaksi yang aman? Ini akan menjadi jawaban untuk semua masalah tadi.

Benar sekali apa diucapkan oleh William Tanuwijaya ( saya sebut aja deh namanya, biar tambah beken ya bro :mrgreen: ) karena saya sendiri sebagai salah satu admin dan rekan kerja bro William di forum kafegaul  sering juga mendapatkan laporan penipuan, dan terus terang saya juga tidak dapat berbuat banyak menanggapi hal ini. Beruntunglah sekarang ada tokopedia yang dapat memfasilitasi atau menjadi mediator antar penjual dan pembeli sehingga proses transaksi online menjadi aman.

Sekarang mari kita telaah satu persatu apa saja fasilitas yang diberikan oleh tokopedia ini kepada para usernya.

1. Kita dapat membuka toko sendiri dengan subdomain sendiri, keren kan… lebih keren lagi jika tokopedia menyediakan ” ad domain “, sehingga user dapat menggunakan domain sendiri yang di forward ke subdomainnya tokopedia. Nah dari sini mungkin tokopedia dapat menarik biaya untuk fasilitas ini. Persis seperti yang dilakukan wordpress dan blogspot.

2. Etalase, tokopedia menyediakan etalase yang dapat kita isi dengan berbagai produk yang hendak kita jual. Tapi sayang hanya 6 jenis produk yang diijinkan, mungkin tokopedia dapat menyediakan unlimited listing product dengan menarik bayaran dari membernya, sah – sah aja kok

3. Tokopedia juga dipersenjatai dengan fasilitas jejaring sosial, selain berjualan para memberpun dapat beriteraksi di tokopedia.

4. Refund & Withdrawal, tidak ada yang perlu dikuatirkan tentang masalah pembayaran dan penarikan uang, karena tokopedia menjamin semuanya, dan pasti aman.

5. Directory, menu ini sangat berguna bagi siapa saja yang berniat melihat – lihat toko yang telah tergabung di tokopedia, saya sendiri suka menggunakan navigasi ini untuk melihat – lihat, siapa tahu ada barang menarik dengan harga yang miring :malu

Itulah sekilas tentang keunggulan tokopedia, keunggulan yang lain mungkin dari sisi teknologi web yang diterapkan dengan sangat bijaksana ditokopedia. Tokopedia seperti situs – situs moderen lainnya telah menggunakan teknologi ajax, yang porsinya tidak berlebihan. Pengembang tokopedia menggunakan ajax sesuai dengan porsi dan kebutuhan, persis seperti yang diterapkan oleh facebook. Selain itu tampilan yang ramah mata juga membuat user betah berlama – lama di tokopedia, apalagi ditunjang loading time yang relatif singkat.

Pada usianya yang masih seumur jagung, tokopedia berhasil keluar sebagai pemenang pada Bubu Awards v06, luarrrr biasa…sebuah start yang sangat bagus. Sukses untuk tokopedia. Bagi yang tertarik untuk buka lapak di tokopedia, silahkan langsung meluncur :ngacir ke tokopedia.com, dan bagi yang ingin tahu The Making of Tokopedia, silahkan kunjungi blog tokopedia. Belanja gak belanja yang penting ngumpul.

#Artikel ini dipersembahkan untuk tokopedia, buah karya anak bangsa yang patut mendapatkan acungan 4 jempol :top dan sukses selalu :salam

Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

  1. Ingin Tahu
    May 12th, 2010 - 13:28

    Kalo boleh tau,tokopedia dibuatnya menggunakan framework apa ya? :hah

Leave a Reply