How to unlock Celery Salt Foursquare Badge. seperti yang kita ketahui badge ini masih sodara kandung dari badge Chicago Blues yang cara unlocknya sudah saya tulis diartikel sebelumnya. Nah cara ...Read more

Specialis atau serabutan?

Saya sering sekali membaca lowongan yang isinya kira-kira seperti ini, ini hanya seingat saya aja lho..hehehe, jangan terlalu diambil pusing, saya hanya mencoba menyampaikan sesuatu dengan cara yang mungkin kurang menarik…

Diperlukan programmer dengan spesifikasi sebagai berikut:

  1. Umur max 30 tahun.
  2. Pengalaman kerja minimal 3 tahun.
  3. Pendidikan S1 Ilmu komputer.
  4. Menguasai PHP, ASP, CSS, Ajax, Java, JSP, .Net, VB, ROR, Python, bla..bla..
  5. Lebih disukai jika mengerti Linux, FreeBSD,Sun Solaris, Mysql, Oracle, Flash.
  6. Mengerti design dan bisa menggunakan aplikasi image editor seperti Photoshop.
  7. Dapat bekerja dibawah tekanan dan memiliki rasa memiliki, dapat bekerja sama secara tim.
  8. Humoris menyenangkan dan berpenampilan menarik.
  9. Memiliki kendaraaan sendiri ( SIM A, C )

Dan masih banyak segudang persaratan lain yang kadang kala membuat sipencari kerja skut duluan.

[poll id=”2″] Yang sering jadi pertanyaan dibenak saya adalah ” koq ya mereka seperti mencari super hero seperti superman, wonder woman, spiderman, batman ( halah..nembak keyword nih ), bukan mencari tenaga kerja”. Kenapa saya keberatan dengan banyaknya persaratan yang sering kali dicantumkan oleh perusahaan yang membuka lowongan kerja tersebut? Alasannya adalah -dengan persayaratan yang terlalu general maka akan sulit mendapatkan karyawan yang specialis, karyawan yang benar-benar ahli dibidangnya-.

Coba banyakan jika Anda memiliki seorang karyawan yang benar-benar ahli dan sangat specialis dibidangnya, tentu kinerja karyawan Anda akan lebih maksimal dibandingkan Anda memiliki karyawan yang mempunyai banyak kepinteran tapi semuanya setengah mateng doang. Mana yang akan anda pilih?

Ada banyak perusahaan yang mengharuskan karyawannya mempunyai banyak kepinteran, sebagai contoh disalah satu perusahaan kenalan saya yang bergerak dibidang jasa export dan import, disana karyawannya diharuskan dapat melakukan bermacam-macam pekerjaan, seperti input data, pengurusan dokumen dipelabuhan, kadang kala ada juga staf administrasi yang harus kerja juga sebagai kurir & bikin kopi, OB nya malah sering keluar karena harus membayar ini-itu, trus staf akuntannya selain mengurus pajak dan keuangan juga harus menguasai proses pengeluran barang dari pelabuhan.. serabutan deh pokoknya.

Itu hanyalah salah satu contoh, saya yakin masih ada banyak perusahaan yang menerapkan cara ini. Kenapa tidak coba menerapkan, misalnya; ” Dibutuhkan programmer PHP ” saja, tanpa embel-embel lainnya.

Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

  1. ade
    January 4th, 2009 - 22:09

    Ha..ha..ha… Harusnya spesifikasi lamarannya singkat aja ya mas…. Tulis aja “Palugasa” (Apa yang lu mau gua bisa), btw jadi inget kerjaan dulu he..he… bener-bener kerja rodi

  2. Eclipse
    January 4th, 2009 - 22:23

    He.he..he..he Kerja rodi mode on.. susah bro sekarang, kantor2 maunya pada all in semua..

    Halah Palugasa…..hahahah.. 🙂

  3. ade
    January 5th, 2009 - 20:32

    He…he… makanya mending sekarang bikin lapangan kerja sendiri ya bro, tapi susah juga sich soalnya sekarangkan lapangannya udah jadi bangunan semua he..he… Poko’e yang jelas kalo kita belum bisa berwirausaha minmal tempat kerja kita bikin kita nyaman apalagi kalo ada hiburan dari temen-temen sekantor….

    • Eclipse
      January 5th, 2009 - 23:58

      Bikin lapangan kerja juga gak mudah bro, ijin ini-itu..halah bikin pusing 7 keliling dan perlu modal yang mayan gede.

      Paling gak mulai usaha kecil2 dari internet,dan gak perlu pake ijin apa2

  4. Abi
    January 5th, 2009 - 20:36

    Namun spesifikasi diatas seringkali hanya formalitas, kalau kita datangi dan lulus interview dan test lainnya, diterima juga kok

    • Eclipse
      January 5th, 2009 - 23:58

      Masalahanya bukan hanya formalitas aja mas Abi, tapi dalam prakteknya juga sering diterapkan model serabutan kayak gini.

  5. Doni
    February 11th, 2009 - 12:41

    ky tukan tambel ban…

    ditulisnya cuman tambel ban, tapi di papan iklan ada lagi, menerima: ganti oli, tube less, dah au ah gelap laennya….

    haha

Leave a Reply