How to unlock Celery Salt Foursquare Badge. seperti yang kita ketahui badge ini masih sodara kandung dari badge Chicago Blues yang cara unlocknya sudah saya tulis diartikel sebelumnya. Nah cara ...Read more

Setting kartu jaringan di Ubuntu

Tulisan ini bukanlah tutorial, dan tulisan inipun sangat sederhana buat master – master linux semua :malu ini hanya dokumentasi pribadi saya biar gak lupa dan gak ribet nyari – nyari bila sedang dibutuhkan, maklum kadang kala file txt sering ketelisut didalam hardisk dan giliran dibutuhkan nyarinya susah. Jadi daripada saya terpuruk kedalam lembah nista eh lembah kebingungan maka lebih baik saya posting aja di Planet Orange. Dan mudah – mudahan juga dapat bermanfaat untuk teman – teman yang tanpa sengaja ataupun dengan sengaja mendatangi blog saya ini. Ah panjang amat basa basinya, ya sudah kalau begitu langsung aja kita kepokok pembahasan.

Pertama kita harus melakukan installasi Ubuntunya, seperti biasa booting komputer teman dari CD/DVD, proses installasi Ubuntu sudah user friendly jadi tinggal ikuti aja petunjuknya. Sampai sini saya anggap teman sudah sukses menginstall Ubuntu. Tapi sebelumnya jangan lupa siapkan kopi dan camilan secukupnya, kopi jangan terlalu manis karena beresiko terkena gula, camilan bisa berupa gorengan atau roti, ahhhhh malah ngelantur, ayo bek to bisnis lagi.

Langkah berikutnya adalah setting networknya terlebih dahulu karena kita akan membutuhkan koneksi internet untuk melakukan update repo maupun install aplikasi – aplikasi yang kita butuhkan.

Perintah untuk melakukan konfigurasi kartu jaringan adalah :

sudo ifconfig eth0 IP-ANDA netmask NETMASK-ANDA up
contoh : sudo ifconfig eth0 192.168.88.212 netmask 255.255.255.0 up

tekan enter, kemudian ketikan lagi

sudo route add default gateway GATEWAY ANDA dev eth0
contoh : sudo route add default gateway 192.168.88.1 dev eth0

Note: eth0 tergantung kartu jaringan teman, jika teman mencolokan lebih dari satu kartu jaringan, silahkan sesuaikan aja menjadi eth1 atau eth2, dsb… Gunakan sudo jika teman tidak login sebagai root, begitu kita tekan enter, teman akan diminta untuk memasukan password root yang kita isikan pada saat installasi, sebelum perintah yang kita ketikan dieksekusi.

Jika tidak mau repot, silahkan ketik sudo su dan kemudian masukan password root, untuk bekerja dengan user root, tapi berhati – hatilah jika bekerja dengan user root ini, karena semua perintah akan dieksekusi, dan bisa saja perintah yang kita input mengakibatkan sistem jadi tidak bekerja normal. Jika sudah login sebagai root tidak perlu lagi mengetikan sudo di awal perintah yang akan kita input.

Untuk mengecek apakah kartu jaringan kita sudah berfungsi silahkan ketikan

ifconfig

maka akan muncul seperti berikut.

eth0Link encap:Ethernet  HWaddr 00:01:02:58:c5:76
inet addr:192.168.88.212  Bcast:192.168.88.255  Mask:255.255.255.0
inet6 addr: fe80::201:2ff:fe58:c576/64 Scope:Link
UP BROADCAST RUNNING MULTICAST  MTU:1500  Metric:1
RX packets:422938 errors:0 dropped:0 overruns:16 frame:0
TX packets:112629 errors:0 dropped:0 overruns:0 carrier:0
collisions:0 txqueuelen:1000
RX bytes:224253192 (213.8 MB)  TX bytes:11949051 (11.3 MB)
Interrupt:16 Base address:0xc000
 
lo  Link encap:Local Loopback
inet addr:127.0.0.1  Mask:255.0.0.0
inet6 addr: ::1/128 Scope:Host
UP LOOPBACK RUNNING  MTU:16436  Metric:1
RX packets:12505 errors:0 dropped:0 overruns:0 frame:0
TX packets:12505 errors:0 dropped:0 overruns:0 carrier:0
collisions:0 txqueuelen:0
RX bytes:5829764 (5.5 MB)  TX bytes:5829764 (5.5 MB)

Perhatikan

inet addr:192.168.88.212  Bcast:192.168.88.255  Mask:255.255.255.0

jika sudah sesuai dengan yang kita masukan berarti sudah benar. Untuk melakukan setting DNS silahkan ketikan perintah berikut ini

nano /etc/resolv.conf

Kemudian tambahkan

nameserver 202.59.169.2 ( sesuaikan name server dengan name server teman )

Kemudian tekan Ctrl + O untuk menyimpannya dan Ctrl + X untuk keluar.

Agar setting pada kartu jaringan kita tidak ke reset pada saat komputer di reboot, maka yang harus kita lakukan adalah ketikan perintah di bawah ini

nano /etc/rc.local

setelah itu akan muncul result seperti dibawah ini

#!/bin/sh -e
#
# rc.local
#
# This script is executed at the end of each multiuser runlevel.
# Make sure that the script will "exit 0" on success or any other
# value on error.
#
# In order to enable or disable this script just change the execution
# bits.
#
# By default this script does nothing.

exit 0

Ubah menjadi seperti ini

#!/bin/sh -e
#
# rc.local
#
# This script is executed at the end of each multiuser runlevel.
# Make sure that the script will "exit 0" on success or any other
# value on error.
#
# In order to enable or disable this script just change the execution
# bits.
#
# By default this script does nothing.

exit 0
ifconfig eth0 192.168.88.198 netmask 255.255.255.0 up
route add default gateway 192.168.88.1 dev eth0

Kemudian tekan Ctrl + O untuk menyimpannya dan Ctrl + X untuk keluar.Sampai disini kita sudah berhasil melakukan konfigurasi kartu jaringan melalui terminal atau console. Sebenernya ada cara yang gampang yaitu dengan menggunakan GUI, tapi kan kurang seru, lebih seru pake terminal atau console.

Bersambung, sampai ketemu pada tulisan tentang Linux berikutnya…

Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

  1. ram
    July 2nd, 2010 - 07:29

    Mau Tanya. Lebih lanjut Route
    Ketika eth0(lan) dan ppp0(modem usb) ke adaan aktif, keduanya bisa internet akan tetapi untuk eth0 butuh proxi. yang saya tanyakan bagaimana agar default gw/internet ke ppp0 tetapi masih bisa ping ke jaringan Lan/eth0.

    Setingan Lan
    IP : 10.0.x.x
    Netmask : 255.255.255.128
    Gw : 10.0.x.1

    • ram
      July 2nd, 2010 - 07:31

      Nemu Script seperti ini :
      sudo route add -net netmask 255.255.0.0 gw dev eth0

      tapi Lom berhasil

    • ram
      July 2nd, 2010 - 07:32

      sudo route add -net [IP] netmask 255.255.0.0 gw [GW] dev eth0

Leave a Reply