How to unlock Celery Salt Foursquare Badge. seperti yang kita ketahui badge ini masih sodara kandung dari badge Chicago Blues yang cara unlocknya sudah saya tulis diartikel sebelumnya. Nah cara ...Read more

Real time search, apaan sih…?

Real time search, kedengerannya keren ya gan, saya juga sebenarnya sedang mencari – cari dan membaca – baca berbagai source tentang real time search ini gan. Maklumlah saya sering ketinggalan akan hal – hal mutahir seperti ini gan. Oia gan menurut akang Wikipedia, real time serach ini adalah : kemampuan mesin pencari untuk menampilkan hasil pencarian begitu informasi tersebut dipublish oleh author nya. Beda dengan cara tradisional sebelumnya gan, yang mana crawl akan mengindex halaman web secara berkala untuk mengumpulkan informasi yang nantinya akan ditampilkan dihasil pencarian. Twitter yang memiliki fitur real time status update menjadi pemicu populernya fitur real time search ini gan.

Nah berawal dari sini pulalah pemain besar seperti Google, Bing, Yahoo–tidak mau ketinggalan menambahkan fitur ini di mesin pencari mereka. Mungkin mereka beranggapan jika mesin pencari mereka tidak dilengkapi dengan fitur real time search maka para penggunanya akan mulai meninggalkan mereka, dan beralih kepencarian yang lebih real time ala social media i.e: Twitter, Friendfeed

Saia sendiri belum mengerti benar gan implikasi real time search ini kepengguna internet, maka dari itu marilah kita berdiskusi disini ya gan. Ada beberapa pendapat yang saya temukan, dan akan saya kutip disini.

/- Agan – agan yang pendapatnya saya kutip, mohon maaf jika saya tidak ijin terlebih dahulu, jika keberatan silahkan layangkan keberatan agan di form komentar, dan saya akan memperbaikinya. -/

1 . Pendapat Bob Julius Onggo ( Penulis buku laris GooglePR, GooglePreneur & Google is My Salesman )

Hal itu mengingat pencarian real time akan secara psikologis lebih dipercayai dan memiliki kredibilitas dibandingkan pencarian publik biasa seperti Yahoo! atau Google. Itulah yang ditakutkan oleh ketiga situs pencari utama, termasuk MSN. Dan pasti, kalau model real time search engines ini tidak diintegrasikan oleh Google, maka penggunanya akan merosot. Hal ini pasti terjadi, tetapi kita belum tahu kapan itu terjadi, cepat atau lambat. Co-founder Google, Larry Page, juga di depan umum pernah mengakui perlunya fitur real time search dimasukkan ke dalamnya.

Marissa Mayer, vice president dari divisi search product dan user experience–dalam wawancara yang direkam di harian Guardian, Inggris, di edisi 8 Juli 2009โ€”juga menyinggung pentingnya fitur pencarian berbasis real time. Marissa yakin bahwa real time searching akan mengubah cara kita bernavigasi di dunia maya.

2. Pendapat Rama Mamuaya ( Admin dailysocial.net )

Entah kenapa saya masih memikirkan sudut pandang lain bahwa sampai sekarang fitur real-time hanyalah sebatas fitur gengsi yang dimiliki karena harus punya sebelum kompetitor lain punya, atau juga menjadi mandatory karena kompetitor sudah meninggikan standard duluan. Memang jadi terdengar sangat skeptis, mungkin pendapat saya ini masih dipengaruhi dengan tingkat adopsi social media di Indonesia yang masih agak โ€œberbedaโ€ dengan di luar negeri. Ah tapi itu tentu sangat subyektif.

Pendapat saia sendiri : sebenarnya saya kurang setuju jika real time search hanya sebuah gengsi semata, hal ini disebabkan karena pengguna internet semakin membutuhkan sesuatu yang bisa diterima secara real time, jeda waktu bukanlah hal yang disukai, informasi yang masih hangat dan baru dianggkat dari penggorengan merupakan santapan empuk bagi mereka yang lapar akan informasi, baik itu informasi dari lingkaran social media ataupun dari portal – portal berita berkualitas*

Kenapa agan tidak langsung mencari aja ditempatnya, kenapa agan malah menggunakan fasiltas dari pihak lain untuk mencari (misalnya) informasi dikaskus? Inilah alasannya gan.

Bahkan dengan menambahkan keyword khusus ( site: ….. ) pun saya masih mendapatkan hasil pencarian yang lebih relevan dengan menggunakan mesin pencari Google ( bukan build in fitur pencarian di kaskus )

Coba agan bayangkan, jika suatu saat agan mencari informasi, dan informasi yang agan butuhkan tersebut baru saja dipublish 1 detik sebelum agan menekan tombol cari, dan setelah agan menekan tombol “cari”, otomatis informasi yang baru dipublish tersebut ditampilkan dihadapan agan, masih hangat, baru diangkat dari penggorengan, apa yang agan rasakan…?

Ayo gan silahkan berkomentar, saya pengen tahu komeng agan semua, tolong jangan komentar OOT ya gan, tolong banget.. hehehe…

* portal berita yang memberikan informasi yang berkualitas, bukan informasi sama yang disajikan berulang - ulang secara tidak mendalam :D

Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

  1. Harits
    July 16th, 2010 - 14:14

    Jadinya kalau menggunakan realtime itu bisa diartikan kita selalu mendapat update-an informasi yang kita cari itu yah ?

    • Aan Afdi
      July 16th, 2010 - 14:22

      Lebih kurang sperti itu sob, jd informasi terbaru akan langsung ditampilkan, tanpa perlu menunggu terindex dulu oleh spidernya mesin pencari..

  2. Gus Ikhwan
    July 16th, 2010 - 16:48

    Bro Ganda,
    saya pikir pencarian real-time adalah sangat penting dan data real-time yang datang online bisa super-berguna dalam hal ini kita dapat mencari tahu sesuatu jadi ada banyak informasi yang berguna tentang real time dan tindakan yang menurut saya pada akhirnya akan menemukan pencarian kembali.
    lalu bagaimana dengan Meta Mesin Pencari Real Time & pencarian dari Pihak Ketiga?

    • Aan Afdi
      July 16th, 2010 - 18:17

      Saya kurang mengerti Gus.. Mungkin Gus bs perjelas…

      Oia, bagaimana pendapat Gus, pengaruh real time search ke pengguna internet..?

      • Gus Ikhwan
        July 17th, 2010 - 11:34

        banyak orang yang tidak bisa lepas dari peran Google, sebagai mesin pencari paling besar, tentu bagi sebagian orang Google menjadi pilihan sebagai pintu masuk ke dunia internet. Dan, saya pikir, kemampuan Google dalam menyediakan fungsi pencarian real-time akan menambah ketergantungan orang pada mesin pencari ini. Bisa jadi nantinya tab Google tidak akan pernah anda tutup, karena berita real-time akan terus mengalir dan hasil pencarian terus bertambah.

        Google Real Time search akan memberikan hasil pencarian real time, tidak hanya dari situs, blog secara real time, tapi juga menampilkan hasil pencarian dari social networking.
        lalu bagaimana peranan dari Real time konten? Real time konten memang masih memberi peran yang significan dalam dunia internet, tidak terkecuali search engine.

        • Aan Afdi
          July 17th, 2010 - 16:00

          Real time konten? Bukanya ini seperti update-an status di social networking gus…?

    • ganda
      July 17th, 2010 - 23:19

      bisa dijelaskan tentang Meta Mesin Pencari Real Time & pencarian dari Pihak Ketiga?

      • Gus Ikhwan
        July 18th, 2010 - 10:27

        bentar-bentar, apakah bro Ganda akan mengecoh saya?

        • aldy
          July 18th, 2010 - 16:51

          ๐Ÿ˜€

        • ganda
          July 19th, 2010 - 09:03

          saya hanya merasa kalimat diatas terasa sulit untuk dicari maknanya.

          • aldy
            July 19th, 2010 - 12:35

            Semua mesin pencari adalah aplikasi pihak ketiga ? ( oh… lihatnya dari sisi kita sebagai user ๐Ÿ™ )

            • ganda
              July 19th, 2010 - 13:07

              kalau pencarian pihak ketiga? berarti ada pihak lain yang mencarikan?

              • aldy
                July 19th, 2010 - 17:04

                Kalau menggunakan Google pastinya orang lain yang mencarikan atuh ๐Ÿ˜€

  3. Epenkah
    July 16th, 2010 - 18:04

    harusnya google ataupun search engine lainnya punya fasilitas ini, dengan begini maka hasil pencarian yang ditampilkan pun tidak kadaluwarsa alias masih anget.. (nasi kali ya.. ๐Ÿ™‚ )

    • Aan Afdi
      July 16th, 2010 - 18:13

      Google, Yahoo, Bing sudah memiliki fitur ini kok sob…

      • Gus Ikhwan
        July 17th, 2010 - 11:37

        Google, Bing dan Yahoo semuanya menambahkan fitur Real Time search engine. Fitur real-time ini sepertinya mulai populer seiring naiknya popularitas Twitter, Facebook yang juga mempopulerkan real-time status update. Berasal dari status update di Twitter inilah behavior penyampaian berita berubah menjadi lebih cepat, real-time dan juga reaktif. Alhasil, Twitter, FBpun berubah fungsi dari penyampaian kabar personal menjadi media berbagi informasi dan berita secara real-time.

        • Aan Afdi
          July 17th, 2010 - 16:01

          Quote dr dailysocial.net ya Gus…?

  4. Gus Ikhwan
    July 17th, 2010 - 11:39

    Bro Aan, Lalu, apa sih implikasi langsung dari realtime search engine untuk penggunanya? menurut bung afan sendiri? ayo kita sharing di sini yak

    • Aan Afdi
      July 17th, 2010 - 16:05

      Sebagian pendapat saya sudah saya *selatan*-bukan utara- kan Gus, saya jg pengen mengetahui pendapat teman2 yg lain… Karena tujuan saya menuliskan artikel ini bukan karena saya sudah mengerti, tp karena ingin menyerap pendapat teman2 semua..

      Terima kasih udah memberikan komentar yg bernas Gus…

    • ganda
      July 17th, 2010 - 23:22

      Bagiku, seperti kebergunaan twitter pada saat terjadi gempa. Kita bisa tahu situasi dari belahan mana saja di dunia ini, tanpa menunggu berita, tanpa menunggu reporter datang ke lokasi.

      • aldy
        July 18th, 2010 - 16:53

        Sekalian juga tahu dimana ada ular yang sangkut ๐Ÿ˜‰

      • aldy
        July 18th, 2010 - 16:54

        Kebergunaan ini mungkin ada baiknya digabungkan dengan system peringatan dini adanya gempa ?

        • ganda
          July 19th, 2010 - 09:05

          hm…. karena sistem twitter ini berbasis ke pengguna, sepertinya kurang cocok bro.

          • aldy
            July 19th, 2010 - 12:36

            Atau dibuat seperti spam telkomsel ?

            • ganda
              July 19th, 2010 - 13:07

              maksudnya?

              • aldy
                July 19th, 2010 - 17:06

                Bro ganda tidak pernah dapat sms “dapatkan….bla…bla…” tanpa diminta ? itu termasuk spam kan ?

  5. ikilobo
    July 17th, 2010 - 17:52

    dengan RTS seperti ini, efisiensi kerja dari sebuah mesin akan meningkat tentunya meski membutuhkan sumberdaya yg lebih pastinya

  6. Adhie [ DesainQu ]
    July 19th, 2010 - 02:38

    Buat saya, real time search berguna untuk mencari segala sesuatu yang bersifat real time, seperti skor sepakbola dari menit-ke-menit, artikel blog terbaru berdasarkan keywords yang kita ketik, berita-berita terbaru dari media online dari seluruh dunia dll…

    Eh, itu kan maksud dari artikel ini ya? CMIIW :p

    • Planet Orange
      July 19th, 2010 - 11:21

      iya sob…. berita terbaru ditampilkan segera setelah berita tsb di publish, jadi gak nunggu di index dulu ama spider, karena proses kan makan waktu juga

    • ganda
      July 19th, 2010 - 16:03

      Yup. Ada juga istilah live blogging. ๐Ÿ˜€

  7. febriy
    July 19th, 2010 - 02:58

    bisa juga y, tapi yg fresh2 hangat2 gini biasanya topik yg lagi hot…… yg jd trending topic di google :o…….. tapi hangat atau tidaknya, sebuah informasi asal belum expired aj gpp…. ntar klo kyk gini, konten yg jaman kapan mau lari kemana? ๐Ÿ˜ฎ
    yang penting relevan aj dh search resultnya, utk yg hangat2, di bagian iklan, portal berita aj lah, cukup.. hhi

    • Planet Orange
      July 19th, 2010 - 11:23

      Dipisahkan resultnya sob…coba deh perhatiin di Google sekarang…

  8. Irawan
    July 19th, 2010 - 10:45

    Setuju ama komentar atas saya, memang ada beberapa bagian di dunia maya ini yang butuh pencarian real time, tetapi tidak semua…

  9. aldy
    July 19th, 2010 - 12:40

    Jujur, saya tidak pernah berhitung apakah saya membutuhkan pencarian yang realtime, entahlah satu dua hari kedepan ๐Ÿ˜€

  10. julianusginting
    July 19th, 2010 - 13:42

    kalo di wp.com bs menggunakan realtime jg ga sob?

Leave a Reply