How to unlock Celery Salt Foursquare Badge. seperti yang kita ketahui badge ini masih sodara kandung dari badge Chicago Blues yang cara unlocknya sudah saya tulis diartikel sebelumnya. Nah cara ...Read more

Perbandingan Codeigniter & Kohana ( PHP Framework )

Selalu ada titik awal untuk memulai, dan jangan pernah merasa anda sudah terlambat untuk memulai sesuatu. Begitu juga dengan yang saya alami beberapa waktu yang lalu ketika saya memutuskan untuk mulai mempelajari Codeigniter atau CI. Alasan saya mempelajari framework adalah karena saya tidak mau terus-terusan menggunakan CMS dalam mendevelop website, dan gak mau juga coding sendiri dari awal karena gak sebanding dengan harganya…hehehe

Jadi solusinya adalah menggunakan framework. Mulailah saya bertanya keteman – teman yang sudah lebih dulu menggunakan framework, akhirnya saya mendapatkan masukan untuk menggunakan Codeigniter, alasan yang mereka kemukakan adalah Codeigniter didukung oleh dokumentasi yang sangat lengkap. Alasan yang sangat masuk akal menurut saya. Setelah membaca berbagai source akhirnya saya menemukan ternyata Codeigniter sendiri dikembangkan oleh sebuah perusahaan bernama EllisLab. Sebelumnya EllisLab mempunyai produk CMS yang bernama ExpressionEngine, belum ada info yang jelas mengenai apakah Codeigniter diesktrak dari ExpressionEngine atau tidak.

Saat sedang seru – serunya mempelajari Codeigniter saya menemukan framework lain yang masih sedarah dengan Codeigniter, yaitu Kohana. Akhirnya saya mulai berburu informasi tentang Framework Kohana. Perbedaan pertama antara Codeigniter dan Kohana adalah Kohana dikembangkan oleh komunitas sedangkan Codeigniter seperti yang kita ketahui dikembangkan oleh perusahaan.

Perbandingan yang lengkap antara kedua framework ini dapat Anda temukan disini.

Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

  1. achmad
    March 17th, 2009 - 14:29

    boleh tanya framework yang selevel dengan codeigniter apa aja ya??
    paling gak perbedaannya tidak terlalu ekstrem/mencolok banget….
    mohon bantuannya

  2. Eclipse
    March 17th, 2009 - 15:12

    Kohana bro….kan udah ada di atas….

  3. tundra
    July 6th, 2009 - 14:57

    Keuntungan bagi pengguna kohana seperti apa?? Soalnya kan kohana dikembangkan oleh komunitas ya?? apa perkembangannya melebihi CI.. saya masih bimbang dgn framework ini neh…antara kohana apa CI ya??

    • Eclipse
      July 6th, 2009 - 16:25

      Library nya masih lebih lengkap Kohana bro… CI kyknya lama banget kl nambah Lib….

  4. itachi
    September 12th, 2009 - 23:04

    CI emang lama karena dia menyerahkan ke pihak ketiga untuk melakukan pengembangan2 library, itu sebabnya kita bisa sangat2 flexibel menambahkan dan menggunakan library dari luar CI, kohana sih juga bisa.

    apapun itu keduanya tetap menarik dan gak bikin stress kayak kalo pake cakePHP yang kelas berat itu.

    • Planet Orange
      September 12th, 2009 - 23:31

      Cake terlalu strik, bagi tidak biasa mending pake CI atau Kohana, toh outputnya sama juga… salam kenal bro

Leave a Reply