How to unlock Celery Salt Foursquare Badge. seperti yang kita ketahui badge ini masih sodara kandung dari badge Chicago Blues yang cara unlocknya sudah saya tulis diartikel sebelumnya. Nah cara ...Read more

Oxite content management system (CMS) ala Microsoft

Microsoft telah merilis produk content management system (CMS) bernama Oxite dengan lisensi open source (atau tepatnya Microsoft Public License). Walaupun dari deskripsi Oxite Microsoft tampak lebih memasarkan Oxite sebagai blogging platform, tim pengembang Oxite juga mengatakan bahwa pengguna dapat menggunakan produk tersebut sebagai sebuah CMS untuk membuat hampir semua jenis situs. Situs Mix Online milik Microsoft sendiri dibuat berdasarkan Oxite yang mendaur ulang berbagai komponen dari Channel 9.

Beberapa fitur utama yang didukung Oxite termasuk Gravatar, pingback, trackback, RSS, sistem komentar dan MetaWebLog API yang memungkinkan pengguna untuk dengan mudah mempublikasikan artikel langsung dari aplikasi blogging favorit pengguna.

Yang menjadi hambatan terbesar bagi sebagian besar calon pemakai adalah fakta bahwa Oxite dibuat dalam ASP.NET, bahasa pemrograman web proprietary milik Microsoft dan tidak banyak penyedia hosting yang mendukung aplikasi ini.

Tetapi bagi pengembang yang terbiasa menggunakan ASP.NET sebagai bahasa pemrograman utama tentunya akan senang karena mendapatkan sebuah implementasi MVC baru untuk ASP.NET. Dalam beberapa tahun ini paradigma pemrograman model view controller (MVC) yang memungkinkan pengembang untuk membuat aplikasi web dengan efisien menjadi sensasi dalam dunia pemrograman web. MVC dipelopori oleh Ruby on Rails dan pada akhirnya ditiru oleh berbagai bahasa pemrograman lain seperti CakePHP (PHP) dan Django (Python).

Karena sudah digunakan untuk memperkuat situs Mix Online milik Microsoft sendiri, tampaknya sudah tidak diragukan lagi bahwa Oxite cukup kaya fitur dan efisien. Tetapi masih belum jelas apakah Microsoft akan dapat bersaing dengan solusi open source penuh seperti WordPress sebagai platform blogging terpopuler atau Joomla (CMS). (via RWW)

Microsoft tampaknya semakin aktif dalam merilis aplikasi open source, walaupun sebenarnya tujuan akhir mereka adalah menarik blogger dan pengembang web ke platform berbasis Microsoft. Sekitar setengah tahun lalu Microsoft menjadi sponsor platinum Apache Foundation untuk meningkatkan kompatibilitas Apache di Windows.

Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

  1. ade
    January 3rd, 2009 - 00:15

    Tuhkan om Bil Gates ngasih gratisan ada maunya, dasar… Tapi gpp jadi memperkaya dunia per cms-an

    • Eclipse
      January 3rd, 2009 - 02:50

      Mau gak mau Microsoft harus mendekati komunitas open source juga Mas, dan harus bawa sedikit sajen….:)

      • ade
        January 4th, 2009 - 00:55

        Ha..ha..ha… Tapi kalo di Indonesia kayanya g perlu Sajen, soalnya kitakan seneng banget sama yang open source… Lha wong windows yang premium aja laris manis dibajak apalagi ini yang gratisan….

  2. Eclipse
    January 4th, 2009 - 01:05

    Hihihihi…. iya juga sih.

    Tapi tetep aja saya kurang yakin dengan produk2 Microsoft, kebanyakan mengecewakan daripada memuaskan. 🙂

  3. rahul
    April 25th, 2009 - 22:14

    disini tempat daftar free cms http://www.indoirc.cn

Leave a Reply