How to unlock Celery Salt Foursquare Badge. seperti yang kita ketahui badge ini masih sodara kandung dari badge Chicago Blues yang cara unlocknya sudah saya tulis diartikel sebelumnya. Nah cara ...Read more

Ngeblog langsung dari desktop

Ahh.. akhirnya bisa nulis lagi, setelah mundar – mandir nyari theme baru untuk Planet Orange dan meng-edit theme tersebut, biar sesuai dengan selera saya tentunya dan dapat mempermudah temans yang berkunjung menjelajahi tiap jengkal Planet Orange. Halah koq ya malah nyeritain ganti theme sih.. Ya sudahlah kita lanjut lagi kepokok bahasan yang sebenarnya 🙂

Sebenarnya pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi kepada temans blogger semua bagaimana caranya melakukan posting tanpa harus login ke blog kita via browser. Kadang kala males juga harus refresh sana, refresh sini ketika sedang menulis artikel. Apalagi kalau koneksi sedang batuk – batuk, terasa menyiksa sekali.( berlebih – lebihan ). Pada awalnya saya tidak terlalu ngeh dan peduli dengan fasilitas remote publishing yang disedikan oleh WordPress. Karena penasaran akhirnya coba bertanya ke opa Google dan menemukan banyak link yang berkaitan dengan keyword yang saya ketikan. Berdasarkan referensi dari berbagai sumber akhirnya saya mendownload beberapa software desktop blogging client.

Ada banyak desktop blogging client yang bisa kita gunakan secara gratis, ini adalah link dari software-software tersebut:

  1. Windows Live Writer ( Windows )
  2. ScribeFire ( Firefox Extension/Semua OS )
  3. Qumana ( Windows / Mac OS X )
  4. Zoundry Raven ( Windows )
  5. Thingamablog ( Linux )
  6. Flock ( Windows/Mac/Linux )
  7. W.Bloggar ( Windows )
  8. Blog Desk
  9. Post2Blog
  10. Blezzer

Dari semua software ini saya memilih untuk menggunakan Zoundry Raven, karena dari awal proses instalasinya software ini tidak terlalu rewel dengan minta ini-itu. Tinggal next…next dan selesai. Berbeda dengan beberapa software desktop blogging client lainnya yang membutuhkan Java, agar dapat dipergunakan. Dan saya terlalu malas untuk mengunduh Java 🙂 , akhirnya saya menggunakan Raven aja deh. Proses pengaturan koneksi dari Raven ke blog pun tidaklah sulit, sangat mudah, bahkan bisa dilakukan oleh siapa saja, yang terpenting adalah aktifkan terlebih dahulu remote publishing melalui wp-admin kamu. Di bawah ini sedikit deskripsi tentang Zoundry Raven.

Aplikasi ini memudahkan kamu untuk mengatur account blog kamu. kamu tinggal memberikan url blog kamu dan kemudian Zoundry Raven akan menentukan dimana platform blog dan setting API pada blog tersebut. kamu juga bisa mendownload hingga 500 entri blog ke komputer kamu sehingga bisa berfungsi sebagai backup blog. Editor ini memiliki interface WYSIWYG dan HTML, dan juga kamu dapat menemukan banyak pilihan format toolbar. Setting kategori posting dan tag untuk technorati juga didukung. Selain itu ada juga spell checker dan translator bahasa. Fitur lainnya adalah kamu bisa menambahkan link afiliasi pada posting blog kamu dan menghasilkan komisi ketika siapapun membeli melalui link tersebut. Zoundry Raven ini juga memiliki toolbar browser untuk firefox dan internet explorer dengan fitur “blog this” dan link dimana kamu bisa sharing rekomendasi produk kamu melalui email atau halaman jaringan sosial, selain itu kamu juga bisa mendapatkan potongan diskon belanja dengan toolbar ini. Raven juga memiliki fasiltas tabs yang sangat berguna disaat kita sedang melakukan banyak editing dan posting disaat yang bersamaan.

Selamat mencoba dan mudah-mudah aktivitas blogging kamu akan lebih menyenangkan dengan software – software ini.

Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

  1. ardianzzz
    March 1st, 2011 - 00:23

    saya pakai git 😀

  2. veera
    June 5th, 2011 - 07:37

    *bingung*

  3. Lilih Prilian Ari Pranowo
    July 5th, 2011 - 11:53

    wuih, menarik betul. patut dicoba. salam kenal… 🙂

  4. bangun rumah
    January 10th, 2012 - 14:09

    bagus niy..solusi kalo koneksi lagi katro

Leave a Reply