How to unlock Celery Salt Foursquare Badge. seperti yang kita ketahui badge ini masih sodara kandung dari badge Chicago Blues yang cara unlocknya sudah saya tulis diartikel sebelumnya. Nah cara ...Read more

Membuat WordPress versi mobile

Berhubung sekarang kegiatan browsing via henpon, blackberry atau mobile device lainnya sedang heboh, maka mau gak mau kita sebagai pemilik blog atau website harus menyediakan opsi ini. Sehingga teman – teman yang blogwalking ke blog kita dengan menggunakan henpon ataupun blackberry akan merasa sangat dimudahkan. Selain dimudahkan karena layout blog yang sudah mobile friendly, keuntungan lainnya adalah akses yang cepat, karena blog dengan mobile versi tidak banyak menampilkan image, bahkan seluruh image bisa didisable sama sekali. Sehingga waktu render halaman akan lebih singkat jika dibandingkan versi fullnya.

Dah ah pengantarnya, langsung aja kita ke pokok permasalahan.. Sekitar sebulan yang lalu saya menginstal sebuah plugin yang sangat berguna untuk mengubah tampilan standar blog ke tampilan mobile version. Bagi yang tertarik silahkan download plugin WordPress Mobile Pack. Seperti biasa setelah proses download selesai silahkan upload plugin tersebut dan aktifkan melalui wordpress admin anda. Jika tidak ada aral melintang maka anda akan menemukan opsi baru dari plugin yang baru saja anda instal tadi. Akan muncul 3 opsi baru pada box Apperance ( saya gak tahu kenapa harus muncul dibox tersebut, bukannya dibox plugin aja biar rapi ) yang bisa anda pergunakan untuk melakukan kofigurasi plugin WordPress Mobile Pack ini.

Pertama:
Pada bagian ini anda dapat melakukan setting pada opsi yang tersedia, dengan cara mengklik Apperance > Mobile Theme. Ada beberapa settingan yang perlu anda perhatikan disini, yaitu Remove media yang fungsinya untuk meremove semua media seperti Flash, movies, and embedded frames sehingga mempercepat waktu render blog kita. Selain itu opsi lain yang perlu diaktifkan adalah Partition large pages, Shrink images, Simplify styling

Opsi yang tersedia

Kedua:
Anda dapat menentukan theme apa yang secara default akan digunakan ketika sistem mendeteksi ada pengunjung yang menggunakan mikro browser atau dengan kata lain blogwalking dengan menggunakan henpon, bb, iphone, dll.. Defaultnya plugin ini dipersenjatai dengan 4 theme yang sudah mobile friendly, tinggal pilih aja mana yang anda sukai.

Ketiga:
Switcher mode adalah opsi yang dapat menyesuaikan tampilan apa yang akan dikirim ke browser pengakses dengan cara mendetek apakah user menggunakan mikro browser ( browsing dengan menggunakan mobile device) opsi ini adalah browser detection, sedangkan domain mapping,  jika anda mengaktifkan domain mapping maka user yang mengakses blog anda melalui domain ( i.e. m.planet-orange.org) tersebut akan dilempar ke theme mobile version. Atau anda bisa mengaktifkan kedua opsi tersebut sekaligus.

Mobile Swicher

Keuntungan menggunakan plugin ini adalah, kita dapat update blog kita dimana aja selama ada koneksi dari mobile device kita. Selain itu plugin ini juga menyediakan akses ke wp-admin dalam versi mobile, mantep deh pokoknya. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

UPDATE!

Setelah melakukan upgrade plugin wordpress mobile pack, maka saya terhenyak kaget *alah, lebay deh* dengan fisilitas baru yang mereka pasang di plugin. Apakah fasilitas baru tersebut? Seperti biasa, marilah kita telaah bersama – sama. Yuk..

Mpexo
mpexo adalah Mobile Blog Directory yang mana fasilitas ini adalah bagian dari wordpress mobile pack.

Welcome to mpexo – a directory of some of the best blogs on the mobile web. This service is part of the WordPress Mobile Pack project. We’re basically building this site as you read it, so be patient! But please feel encouraged to submit your site here using the Mobile Pack. Feedback is welcome.

Setelah plugin wordpress mobile pack terinstal dengan sempurna diblog kita maka kita akan mendapatkan opsi mpexo dibagian child dari settings. Dengan mengaktiffkan opsi ini maka blog kita akan otomatis terlisting di mobile directory mpexo.

Mobile Analytics
Mobile Analytics adalah bagaian dari wordpress mobile pack juga, yang mana kegunaan dari fasilitas ini adalah untuk melakukan tracking traffic blog versi mobile.

The Mobile Pack keeps a basic local tally of mobile traffic. However, we recommend you register with an external provider to obtain much richer statistics.

Saya sudah mendaftar disitus mereka percentmobile.com untuk mendapatkan report traffic yang lebih lengkap.

Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

  1. omagus
    June 5th, 2010 - 15:05

    aku pengin nyobain nih jadinya make plugin ini..? :tkp

    • Planet Orange
      June 29th, 2010 - 10:57

      Lanjut gan

  2. Reza
    June 29th, 2010 - 09:55

    Ini tampilan themenya gmana maz? bisa disetting gak?

    • Planet Orange
      June 29th, 2010 - 10:57

      Apa nya mas Reza? themenya ya?

      • Reza
        June 29th, 2010 - 11:06

        ternyata bisa, makasih ya,,, Salam kenal dari Blogger Warok

  3. Triindi
    October 15th, 2010 - 01:56

    Kalau domain mapping, apa kita perlu buat subdomain dulu di cpanel ? ataw sudah otomatis terbuat ya?

  4. Artikel Indonesia
    October 30th, 2010 - 15:16

    nice sharing gan, traffict tambah ciamik dengan plugin ini … bisa buat main admob juga

  5. Metro TV
    September 24th, 2011 - 03:14

    wah mantap ni tapi saya udah make yang dari crowd favorite

Leave a Reply