How to unlock Celery Salt Foursquare Badge. seperti yang kita ketahui badge ini masih sodara kandung dari badge Chicago Blues yang cara unlocknya sudah saya tulis diartikel sebelumnya. Nah cara ...Read more

How to create social bookmarking

Social bookmarking sekarang sedang trend banget loh, Nah langsung ke topik permasalahan, kamu pengen punya social bookmarking sendiri gak ? pengen? gampang banget caranya. Ngarang aja nih, mana mungkin lah! Yee dibilangin gak percaya. Gini deh sebelum ngebantah, baca dulu artikel ini yach, siapa tahu temans nanti punya social bookmarking seperti digg.com, yahoobuzz.com, yournews.astaga.com atau lintasberita.com dan lain – lain, masih banyak banget soalnya…hohohoho mantap kan? Let’s get party started, brummm…ngenggggg.

Yang diperlukan untuk membuat social bookmarking seperti yang sudah saya sebutkan di atas adalah script, terserah sih mau pake PHP, ASP, Perl, Ruby, deelel, wadooh..!! saya kan gak bisa coding bro, bagaimana mau coding membaca saja aku sulit, wew..kalau gak bisa baca emang repot bozz, tapi jaman sekarang sangat langka menemukan orang yang melek internet tapi tidak bisa membaca, malah ngelantur kemana – mana,hihihi..

Yasudlah, mari kita lanjutkan, mari gan..

Gak perlu coding sendiri koq, semuanya sudah tersedia, tinggal download CMS nya kemudian instal aja di server, klik..klik..next..next..jadi deh. Nah CMS nya apa aja sih? bayar gak tuh? jadi curiga nih! wew koq curiga sih, tidak baik loh, mana udah mau puasa lagi..

Nah sekarang saya akan memberitahu CMS apa saja yang bisa digunakan untuk membuat social bookmarking yang saya maksudkan dari tadi. Makanya jangan nyelak mulu, kan saya jadi muter – muter nih nulisnya. Wokeh ini dia list CMS yang kita tunggu – tunggu.

Pligg

Pligg

Pligg

Pligg mungkin satu dari sekian banyak CMS social bookmarking yang paling dikenal oleh banyak orang. Plig ditulis dengan menggunaka bahasa pemrogramman PHP dan menggunakan MySQL sebagai databasenya. Instalasi pligg sangat mudah, bagi kamu yang pernah menginstal sendiri CMS pasti tidak akan kesulitan melakukan instalasi Pligg hosting kamu.

PHPDug

Phpdug

Phpdug

PHPDug mirip banget ama digg.com, sama seperi pligg PHPDug ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL sebagai databasenya. PHPDug sudah support bahasa Indonesia loh, jadi gak ribet lagi buat merubah bahasanya. Silahkan pelototi demonya nih. Fasilitas yang dimiliki oleh PHPDug antara lain:

Edit template HTML nya ecel
Spam fighting
Instalasinya dibantu oleh wizard ( bahasa Indonesianya Wisaya kalo gak salah )
Gak perlu cronjob, keren nih
Up/down komentar, mantap
Automatic thumbnail dari youtube atau google video
Automatic add story dari RSS

Drigg

Hohoho, buat penggemar Drupal nih, tinggal install aja modul Drigg maka dalam sekejap Drupal kamu akan dirubah jadi social bookmarking. Seperti yang kita tahu kalau modul – modul di Drupal bersifat depency, atau ketergantungan terhadap modul lain. Nah Drigg ini hanya membutuhkan dua modul lain untuk berjalan dengan ciamik, yaitu modul user_karma dan A voting form. Contoh yang pake Drigg ini adalah yournews nya Astaga!com, promosi dikit ya 🙂

Drupaligg

Dari namanya aja udah ketahuan, iya dunk base on Drupal CMS, silahkan dicoba,ntar kalau saya terlalu membanggakan Drupal, dibilang pilih kasih ama penggemar PHPDug dan Pligg

WordPress Vote It Up

WordPress-Vote-It-Up

Buat penggemar WordPress jangan kuciwa dulu, ini ada satu kontestan, namanya WordPress Vote It Up, beibeh.. * gak pake beibeh koq, cukup WordPress Vote It Up aja, koq pake aja..? adooh ribet deh. Silahkan dicoba, bagi yang pengen merubah WordPress kamu jadi seperti social bookmarking.

Nah..bagaimana? tertarik untuk membuat sendiri social bookmarking kamu? Paling enggak cobain install di localhost PC kamu dulu, iya nggak..iya dunk. Terima kasih atas waktunya dan terima kasih juga karena telah membaca artikel ini tidak dengan cara ” fast reading atau scanning ” lho..?

Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

  1. Jamal
    February 7th, 2016 - 22:48

    I like looking through a post that can make men and women think.
    Also, many thanks for permitting me to comment!

Leave a Reply