How to unlock Celery Salt Foursquare Badge. seperti yang kita ketahui badge ini masih sodara kandung dari badge Chicago Blues yang cara unlocknya sudah saya tulis diartikel sebelumnya. Nah cara ...Read more

Google atau Yahoo sih yang social media strateginya paling oke?

Google dan Yahoo dua raksasa yang mencoba bermain – main di social media. Marilah kita tela’ah social strategi apa yang digunakan oleh keduanya. Kalau masih ada yang gak tahu Google dan Yahoo keterlaluan banget deh ah. Dan kalau masih ada juga yang tidak tahu saya gak tahu harus bagaimana menjelaskannya. Silahkan Googling aja deh..lha kan gak tahu? Hihihi….udah ah langsung aja yak, ntar keburu siang nih. Facebook, Twitter, Linkedln, Youtube, WordPress seluruh perusahaan yang saya sebutkan barusan berawal dari perusahaan kecil bahkan perorangan, tidak ada satupun dari mereka yang digenerate oleh perusahaan besar dan terkenal. Bahkan banyak perusahaan besar yang tidak berhasil ketika mereka mencoba membuat social media sendiri. Menarik bukan?

Kalau ada yang jawab bukan, ntar gak saya bagi cendolnya gan. Wah anak kaskus nih. Balik lagi ke Google dan Yahoo. Dua raksasa ini memiliki alasan yang berbeda satu dengan yang lain dalam hal membuat social media. Marilah kita telaah satu persatu.

Yahoo memutuskan untuk tidak membuat social media sendiri, mereka malah membuat kerja sama dengan Facebook dan Twiiter. Solusi cerdas menurut saya, daripada harus berjibaku dan membuang banyak energi untuk bertempur dengan social media yang sudah eksis, lebih baik berteman saja dengan mereka. Toh pada akhirnya akan sama – sama diuntungkan. Beda halnya dengan Google, selain mengakuasisi Youtube, Google juga membangun sendiri social medianya yaitu Google Buzz. Kalau udah bgini siapa yang memiliki social media strategi yang paling oke, mari kita lanjut gan..

Yahoo; apa yang engkau lakukan?

Masih ingat gak pada tahun 2006 dulu Yahoo pernah menawarkan hepeng sebesar $ 1 Milyar untuk mengambil alih Facebook. Alih – alih membuat Mark Zuckerberg tergiur, Yahoo malah ditolak mentah – mentah, cian deh Yahoo..Dibawah kepemimpinan Carol Bartz, Yahoo mencoba berputar balik dan melihat apa saja yang tercecer dijalanan dan mencoba untuk membawanya kembali. Strategi yang diterapkan bukanlah mencoba untuk mengakuasisi Twitter ataupun membuat sendiri social media, Yahoo malah menjalin hubungan mesra dengan Twitter. Hasil dari perkawinan ini membuat pengguna Yahoo dapat beriteraksi dengan akun Twitter dan Facebook mereka melalui jaringan Yahoo. Sedapkan..

September 2009, Yahoo mengumumkan bahwa mereka juga akan terintegrasi dengan Facebook. Tujuan utama dari integrasi ini tidak lain untuk menjadikan Yahoo sebagai portal yang tidak hanya mensuplay berita, email, finance melainkan juga menyediakan slot untuk status update dari teman – teman kamu di Facebook. Selain itu benefit yang didapatkan Yahoo adalah traffic berlimpah yang datang dari sharing artikel dan konten pada Facebook news feed. Selain menjalin hubungan mesra dengan Facebook, Yahoo juga berpoligami dengan Twitter. Yahoo mengijinkan pengguna layanan mereka untuk mengakses Twitter feed, dan melakukan update status serta integrasi Twitter konten ke company’s search dan media properti. Tidak mau dianggap lebih sayang ke selingkuhannya ( Twitter ), beberapa hari yang lalu Yahoo juga melakukan integrasi dengan Facebook, yaitu intergrasi Facebook connect dan Yahoo.

Jelas sekali Yahoo tidak berniat untuk berhadapan langsung dengan juragannya social media ini. Yahoo malah menjalin hubungan sangat mesra dengan para juragan ini. Jika Yahoo terlihat mesra dengan Facebook dan Twitter, bagaimana halnya dengan Google? Marilah kita lihat strategi apa yang diterapkan oleh sang raksasa mesin pencari ini.

Google; mendominasi? atau ….?

Lain padang lain belalang, lain Yahoo lain pula Google. Yang sama antara Yahoo dan Google adalah keduanya tidak memiliki pengalaman dalam hal social media. Lihatlah apa yang dihasilkan Google dari Google Friend Connect, masih kalah jauh jika dibandingkan Facebook connect. Orkut ( social medianya Google ) tidak begitu populer di Amerika. Sedangkan Blogger menghadapi lawan yang sangat digjaya dan sakti mandraguna yaitu WordPress. Jiaku dan Dodgeball ( keduanya juga hasil akuisisi ) malah hampir tidak terdengar gaungnya. Tidak ada yang akan membantah argumen teman semua jika teman bilang satu – satunya social media milik Google yang ngehit, melejit dan megang itu adalah Youtube. Jika kita browsing ke Google dan mengeksplore layanan – layanan yang disediakan oleh Google maka kita akan berpikir, gile nih mbah Google banyak banget layanannya, tapi tahukan teman, tidak semua dari layanan tersebut berhasil dan mendatangkan benefit untuk Google. Tapi….hehehe ada tapinya nih, janganlah kita memandang sebelah mata mbah Google ini, dengan munculnya Google Buzz, Google menunjukan strategi mereka yang sebenarnya, dan ini adalah strategi yang mantap punya gan. Bagaimana tidak mantap mereka ( Google Inc ) meluncurkan stand alone social media yang terintegrasi dengan seluruh layanan Google seperti Gmail, Youtube, Picasa, Orkut, Friend Connect, dll. Yang mana ini akan membuat Google Buzz meluncur secepat kilat. Halah….hiperbola banget sih…hihihih..

Strategi Google ini memang lebih beresiko bila dibandingkan strategi yang diterapkan oleh Yahoo. Tapi seperti yang kita sama tahu ” High Risk, High Profit ” hehehe…sok tahu ah.

Google dan Yahoo, dua perusahaan yang benar – benar berbeda, ya iyalah…

Alkisah, dahulu kala pada saat Google masih bayi dan belum ngehit kayak sekarang, para pendiri Google pernah menawarkan/menjual diri mereka ke Yahoo, kok bahasanya jadi rada – rada vulgar gini sih gan? hehehe gak apalah gan.. Yup mereka menawarkan sistem pencarian yang mereka kembangkan kepada Yahoo, hasilnya? ditolak mentah – mentah karena perbedaan konsep yang sangat mencolok antara keduanya. Yahoo menginginkan user atau pengguna berlama – lama nongkrong diportal mereka, sedangkan Google sebaliknya. Begitu user/pengguna sudah mendapatkan apa yang mereka cari, secepat itupula mereka meninggalkan halaman hasil pencarian dan menuju ke hasil pencariannya tersebut.

Selain itu Yahoo adalah perusahaan yang focus terhadap konten, sedangkan Google fokus terhadap teknologi. Memang Yahoo juga pernah tercatat sebagai perusahaan yang mengembangkan teknologi tapi itu jauh sebelum dibalap Google, Facebook, Twitter dan lain – lain. Berdasarkan perbedaan inilah, maka Yahoo dan Google memiliki cara pandang dan implementasi yang berbeda pula. Iya kan gan…

Siapa yang strateginya paling maknyos?

Gak tahu saya gan..Lho? kok malah gak tahu? iya donk gan kan dari awal tulisan kita tidak bermaksud untuk menentukan strategi siapa yang paling jitu. Melainkan untuk menggambarkan, strategi apapun yang diterapkan tidaklah menjadi persoalan selama strategi itu menghasilkan goal. Kita tidak dapat menyimpulkan benar atau salah sebuah strategi, karena setiap perusahaan memiliki strategi yang berbeda – beda base on kelebihan dan kekurangan perusahaan itu sendiri.

Kredit untuk Mashable Co-Editor Ben Parr, where he digs into social media trends and how they are affecting companies in the space. Diterjemahkan secara bebas & berapi – api oleh Planet Orange.

Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

  1. PL
    August 1st, 2010 - 14:28

    google is the best

  2. Bang Dje
    August 5th, 2010 - 13:37

    Sulit menilai siapa yang paling baik strateginya karena sudah mencakup banyak aspek dan urusannya sudah merasuk kemana-mana. Mencari yang lebih menguntungkan juga tidak mudah karena menguntungkan dari aspek apa? Finansial, branding atau yang lainnya …

    • Aan Afdi
      August 5th, 2010 - 13:45

      Kedua nya tidak lebih baik dari FB dan Twitter Bang….hehehe

      Sekarang antara Google dan Yahoo sepertinya utk urusan social media Google udah mulai menggeliat….

  3. Javier Kuris
    August 7th, 2010 - 20:12

    Perbedaan adalah rahmat, justru dengan perbedaan itu kita jadi mendapat banyak pilihan. Toh yang diuntungkan malah kita sebagai pengguna, karena dua2nya juga bisa kita pake sekaligus, kan lebih nikemat.
    Malah kita kita nih yang berpoligami hehe…

  4. Cah Shalihah
    November 14th, 2010 - 14:58

    Salam Kenal.. Numpang baca2

  5. veera
    June 5th, 2011 - 07:46

    hoho. mereka sama-sama hebat, menurutku.
    strategi mereka beda, tapi sama-sama oke.
    bisa ditiru tuh.. wk.

Leave a Reply