How to unlock Celery Salt Foursquare Badge. seperti yang kita ketahui badge ini masih sodara kandung dari badge Chicago Blues yang cara unlocknya sudah saya tulis diartikel sebelumnya. Nah cara ...Read more

e-Waste

Guiyu di daratan China adalah rumah bagi 5500 industri rumahan yang mengolah bagian-bagian dari elektronik bekas. Berdasarkan data dari situs lokal, wilayah tersebut setiap tahunnya mengolah sekitar 1.5 juta ton sampah yang terdiri dari sampah komputer, ponsel maupun perangkat elektronik lainnya. Industri tersebut menjadi lapangan pekerjaan yang menggiurkan bagi masayarakat di Guiyu. Kebanyakan ponsel dan perangkat komputer tua dapat dibongkar dan komponen metal di dalamnya didaur ulang. Dari bisnis pengolahan limbah elektronik ini, situs Guiyu melaporkan pemasukan tahunan sekitar 75 juta dollar.

Greener Electronics ranking interactive graphic

Mereka mengolah sampah elektronik dengan memisah-misahkan tiap bagian dan mengelompokkannya, kemudian mengambil kandungan timah, emas, tembaga dan jenis logam lainnya dari papan sirkuit, kabel, chip dan bagian lain dari perangkat elektronik.

Akan tetapi menjalankan proses daur ulang ini secara aman membutuhkan waktu yang sangat panjang dan pemahaman yang jelas. Laporan kesehatan dari wilayah Guiyu menyebutkan banyak anak-anak yang menderita karena tingginya tingkat pencemaran lingkungan akibat timah. Kemudian laporan dari universitas Shantou, Guiyu memiliki tingkat penderita penyakit kanker yang disebabkan oleh dioksin paling tinggi di dunia dan peningkatan pada kasus keguguran pada wanita hamil.

Sayangnya banyak produsen elektronik yang tidak mengolah sendiri sampah elektroniknya, mereka malah mengirimkan barang – barang tersebut ke negara – negara yang tidak memiliki regulasi yang jelas tentang pengolahan sampah elektronik ini.  Lebih menguntungkan tentunya buat mereka, Amerika adalah satu – satunya negara yang menolak menanda tangani perjanjian Basel, yaitu perjanjian yang mengatur tentang ekspor limbah berbahaya ke negara – negara berkembang justru menjadi negara yang paling banyak mengirimkan sampah elektroniknya.

Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

Leave a Reply