How to unlock Celery Salt Foursquare Badge. seperti yang kita ketahui badge ini masih sodara kandung dari badge Chicago Blues yang cara unlocknya sudah saya tulis diartikel sebelumnya. Nah cara ...Read more

Donny Suhendra, Indonesian Guitar Hero

Donny Suhendra, musisi mana yang tidak kenal dengan akang yang satu ini. Mulai mengenal musik sejak SMP tahun 1971, melalui aktivitas pelajaran musik di sekolah. Pada waktu itu bersama sama dengan penyanyiHetty Koes Endang di SMP BPI Bandung. Instrumen pertama yg dipelajari adalah Contra Bass, kemudian Drum, tapi ketika itu beliau sangat mengagumi sound gitar dari Hank B Marvin, hingga kemudian tertarik untuk mempelajari gitar begitu melihat kepandaian dari seorang teman sekelas, yang pada waktu itu sering memainkan 12 Bars Blues dan Rock n’ Roll….Disinilah tempat sang jagoan mulai mengenal gitar pertama kali, yang kemudian diteruskan lewat kursus dengan seorang guru kesenian SMP BPI , pada waktu itu Bpk Isnendro N (Alm)

[poll id=”5″] Tiga tahun kemudian mulai terobsesi oleh permainan gitar Jimi Hendrix, Led Zeppelin, Deep Purple, Grand Funk Railroad, Johnny Winter dan Gitaris blues Shuggie Otis. Dua nama terakhir adalah nama yg sangat mempengaruhi saya untuk lebih serius lagi dalam bermain musik. Khususnya musik blues dan Rock, selain juga pengaruh itu dari Hendrix tentunya.

Mulai menyukai musik JAZZ, ketika saya mendapat kaset organist Jimmy Smith dan Wes Montgomery dari sang kakak. Beliau menyukai sekali atmosphere musiknya, hingga tanpa disadari, inilah awal ketertarikan nya terhadap musik JAZZ.. Kemudian Donny pun sempat belajar gitar dengan Fredy T, salah seorang Gitaris JAZZ di Bandung yg sudah cukup punya nama. Walaupun singkat akan tetapi dari beliaulah Donny bisa melihat perjalanan musik JAZZ dan merasakannya seperti sekarang ini.

Pengaruh Wes Montgomery dan Johnny Winter sangat melekat terhadap cara Donny memetikgitar, yang selain menggunakan pick, Donny juga menggunakan system “FingerPicking”. Tahun berikutnya Donny belajar komposisi atas bimbingan Bpk F.A. Warsono (alm). Beliau adalah seorang lulusan Konser-vatory Musik di Jerman, dan juga beliau adalah guru musik dari Pianist/Komposer Elfa secioria yang kemudian pernah melibatkannya kedalam orkes Chandra Kirana pimpinan Diah Iskandar.

Skema seting gitar Donny Suhendra untuk berbagai keperluan.

Perjalanan karir Donny Suhendra

1977-1979 Menjadi anggota rock group We Bersama drummer Jelly Tobing.

1980- 1981 Menjadi guitarist band G’ Brill bersama Yuke Sumeru. Di tahun2 ini yang sangat berpengaruh buat Donny adalah album Files of the Kilimanjaro nya Miles Davis yang melibatkan banyak musisi seperti: John Mc Laughlin,Chick Corea, dan Joe Zawinul, selain itu beliau juga terobsesi oleh gutarist :Allan Holdsworth dan group Return to Forever nya Chick Corea…. Hal ini sangat banyak memberikan perkembangan buat Donny Suhendra.

1981- 1982 Membentuk band Dimarzio bersama Yuke sumeru dan keyboardist Samuel Boediono

1983 -1984 Membentuk band B.O.M.(Square) bersama Yuke Sumeru dan Pianist Bambang Nugroho.
Band ini sempat beberapa kali tampil untuk acara live Jazz di TVRI dan beberapa acara Jazz di Kampus maupun radio.

1985- 1986 Bertemu dengan Pra B Dharma (Pra, banyak memberikan pelajaran berharga). Kemudian dengan Pra membentuk group Mesopotamia dengan personil :
Pra B Dharma (Bass), Dwiky Dharmawan (Keyboards), Donny Suhendra (Guitars), Budhy Haryono (Drums)
Band Ini berganti nama menjadi KRAKATAU, dan berhasil meraih juara 1 pada LMC (Light Music Contest)
tahun ’85 di Bandung, dan Juara Umum LMC Jakarta,( Donny Suhendra berhasil memperoleh predikat Gitaris-
terbaik tahun 1985). Di tahun ini juga KRAKATAU di kirim ke Light Music Contest Tokyo Japan,

1987- 1988 KRAKATAU, bertambah personil dengan masuknya Indra Lesmana, dan Trie Utami,

Yang pada waktu itu menggantikan vocalist Ruth Sahanaya, serta Budhy Haryono digantikan oleh Drummer Gilang Ramadhan. Kehadiran IndraLesmana sangat memberikan pengaruh banyak terhadap Donny, baik secara personal maupun dalam bermusik. Di Tahun ini (’87)KRAKATAU merilis 2 buah album KRAKATAU #1-Gemilang dan KRAKATAU #2- La Samba Primadona. Selain itu Krakatau juga menggelar Concert Tunggal di TIM, dan mendampingi tour Sheila Majid. untuk Jawa-Bali.

1988- 1989 KRAKATAU membuat album Kembali Satu dan single Kau Datang. Di tahun 1988 ini Donny Suhendra bergabung dengan Indra Lesmana Vision.

1990 -1991 Mengundurkan diri dari KRAKATAU, Kemudian membentuk group ADEGAN bersama Gilang Ramadhan dan A.S. Mates, yg tak lama kemudian menyertakan Indra L dan vocalist Hari Mukti. Juga di tahun-yg bersamaan Donny, Indra, Mates dan Gilang (atas prakarsa Indra) membentuk Java Jazz, plus
Embong Raharjo (Saxoponist dan multi Instrumentalis ). Di bulan Agustus’ 91 Java Jazz melakukan tour ke Amerika a.l.: Hawaii, LA, San diego. serta Reoording di Mad Hatter Studio milik musisi Chick Corea.

1991- 1992 ADEGAN membuat album Selangkah di depan dengan Hit “Satu Kata”, dan berhasil meraih BASF Award.

1993- 1994 ADEGAN membuat album Waktu Berjalan (Ozone).

1995 -1997 Membentuk Trio Donny,Gilang,Mates (“THIEF”) dengan menyertakan Vocalist Syaharani.

1997- 1998 Kembali dg group Java jazz merilis album Sabda Prana, dan mengadakan pertunjukan di beberapa kota di Jawa. Di Pertengahan ’97 Donny juga membangun blues band BIG CITY dengan Mates dan
Edy Syachroni plus Iskandar, Fred Burkhart dan Najib Osman. Tahun berikutnya BIG CITY menambah-
personil dg masuknya Sue Bonnington, Khrisna dan Albert Warnerin.

1999- 2000 Membuat Album Solo “Disini ada Kehidupan” produksi sendiri bersama ARCI (Art Circle Network )dan Chico&Ira Production, sebagai eksekutif Produser. Di album ini Donny  melibatkan juga  IndraLesmana, Aksan Syuman, PraBDharma Gilang Ramadhan, Syaharani, dr Iwang Gumiwang, dan Indro Harjodikoro. Sedang untuk Performance band ini, beliau menyertakan Elanda Yunita, Aksan Syuman dan bassist-
Adi Dharmawan dengan nama G7. Nama ini diambil dari Guriang Tujuh, yg merupakan sejarah dan legenda
tanah Sunda, daerah asal akang kita satu ini. Di Album “Disini ada Kehidupan” Donny membuat 9 buah komposisi; Matahati, Perjalanan, Kano, Water, The Left and Unsaid, 9November, PagiMU, Gate to the Outworld, Esok kan menjelang. Album ini menceritakan lebih ke perjalanan hidup Sang Legenda, tentang apa yang pernah beliau alami dan rasakan.

Discography:
1982- D’Marzyo band (featuring) Vocalist: Rien Jamain
1987- KRAKATAU #1 : Gemilang.
1988- KRAKATAU #2 : La Samba Primadona.
1989- KRAKATAU Single :”Kau Datang”
1989- KRAKATAU  : Kembali Satu.
1990- ADEGAN : Adegan
1992- ADEGAN : Selangkah di depan (Satu Kata).
1994- ADEGAN : Waktu Berjalan
1998- JAVA JAZZ : Sabda Prana
2000- DONNY SUHENDRA : Disini Ada Kehidupan

Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

  1. Eclipse
    January 14th, 2009 - 00:53

    Gitaris terbaik yang pernah dimiliki Indonesia…salut untuk Kang Doni

  2. C2n_BassFreak
    February 26th, 2009 - 03:52

    koq cm nebahas gitaris doank bang?? yg laen mana? haus informasi nich.. bahas drummer knapa kan banyak yg bagus contohnya Rian Cosmic kan keren tuch 😛

    • Eclipse
      February 27th, 2009 - 14:19

      Ntar diulas koq :p

  3. Dany
    October 6th, 2009 - 13:40

    Kang doni kl mo bljr fusion ma Kang Doni dmn y??aq org Cilacap tp skrg lg domisili Bndg

    • planet orange
      October 6th, 2009 - 15:49

      cek ke gladiresik.com aja, kang donny ngajar disana

  4. Dany
    October 6th, 2009 - 13:44

    aQ prnh ntn Klinik dia diJogja bareng mas Bintang (bass), Wiwiek (Kibor), Inang Noorsaid(drum)..he3 dasyat fusionnya???skitar th 2000 di Phoenik hotel.Hotelnya aj skrg dh ganti nama…tp aQ msh inget gmn Kang Doni main…Mantap

    • planet orange
      October 6th, 2009 - 15:05

      Emang mantap tuh manusia satu itu… hahahahaha

  5. agamz
    November 9th, 2010 - 14:00

    dewa gitar indonesia yg bisa segala aliran musik. i fans to you

Leave a Reply