How to unlock Celery Salt Foursquare Badge. seperti yang kita ketahui badge ini masih sodara kandung dari badge Chicago Blues yang cara unlocknya sudah saya tulis diartikel sebelumnya. Nah cara ...Read more

Database Manager plugin penting buat WordPress kamu

Setelah kemarin sempet nulis tentang WordPress mobile pack, hari ini saya mau nulis lagi ah, mumpung otak lagi seger, hehehe… Seperti yang kita tahu engine WordPress yang banyak digunakan oleh blogger sangatlah powerfull, selain powerfull WordPress juga sangat – sangat user friendly, dan setahu saya WordPress adalah CMS yang paling mantab SEO nya jika dibandingkan dengan CMS lain seperti Drupal, Joomla, etc. Tetapi dibalik semua kelebihan itu tentu ada kekurangannya juga donk, nah kekurangan apakah itu? Sebelum bicara kekurangannya saya akan bercerita sedikit, halah cerita lagi? kapan mulainya nih..? sedikit doang koq.. 😛

Begini ceritanya, sebelum mengenal WordPress saya pertama kali mengenal Drupal & Vbulletin ( CMS atau Bulletin board yang banyak digunakan forum – forum diskusi i.e. kaskus, kafegaul). Nah di Vbulletin ini disedikan fasilitas buildin untuk memanage database ( i.e backup, optimasi db, repair db ). Sedangkan fasilitas ini tidak saya temukan di WordPress, memang sih kita dapat melakukan maintenance database melalui PhpMyadmin atau Konsol dan SSH bagi yang demen dengan command line. Trus kenapa gak pake aja kedua opsi yang disebutkan di atas tadi? Koq malah nambah plugin, kan katanya sebisa mungkin dan sedikit mungkin menggunakan plugin…hehehe…sabar dulu atuh, kan saya belum selesai. Mari kita lanjutkan lagi, alasan saya tidak menggunakan kedua opsi tersebut adalah:

PhpMyadmin :
Tool ini sangat powerfull, dan banyak digunakan oleh hosting dan developer sebagai tool untuk memaintenance database, tetapi kekurangan tool ini adalah tidak dapat melakukan backup secara periodik atau terjadwal. Padahal saya tidak mau terus – terusan melakukan backup secara manual, kalau lagi sempet sih gak apa – apa, tapi bagaimana kalau lagi sibuk atau lupa? dan secara bersamaan dabatabase kita rusak, cilaka sodara – sodara sekalian, kita bisa kehilangan artikel – artikel yang sudah dengan susah payah kita tulis. Buat linux ataupun unix user mungkin hal ini bukanlah masalah, karena bisa saja mengaktifkan cron untuk melakukan tugas periodik backup tersebut, tapi kalau buat blogger seperti saya ini yang ada malah bingung, karena gak gitu ngerti command – command di linux dan unix base.

SSH :
Bagi yang ngerti ini adalah opsi yang menyenangkan, karena bermain – main dengan konsol merupakan kebanggaan dan kesenangan. Ketikan perintah, kemudian enter, dan sistem langsung merespon, keren kan. Oia SSH itu apaan sih? koq kedengerannya lezat, halah ini bukan makanan..

Ini sedikit keterangan dari Om Wiki

Secure Shell or SSH is a network protocol that allows data to be exchanged using a secure channel between two networked devices. Used primarily on Linux and Unix based systems to access shell accounts, SSH was designed as a replacement for Telnet and other insecure remote shells, which send information, notably passwords, in plaintext, leaving them open for interception. The encryption used by SSH provides confidentiality and integrity of data over an insecure network, such as the Internet.

Melalui SSH anda dapat meremote server dan melakukan maintenance database anda, tentunya dengan perintah – perintah yang harus diketikan, dan anda harus mengerti perintah – perintah apa saja yang dipergunakan.

Itulah alasan saya tidak menggunakan kedua opsi di atas, tapi beruntunglah kita sebagai pengguna WordPress, karena begitu banyak plugin yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan – kebutuhan kita. Setelah mencari kesana kemari akhirnya saya menemukan plugin WP-DBManager. Proses instalasi plugin ini sederhana saja, seperti biasanya. Setelah plugin diaktifkan maka opsi dari plugin ini akan muncul pada kolom sebelah kiri dari wp-admin anda. WP DBmanager mempunyai 9 opsi yang sangat – sangat bermanfaat (database, backup, manage backup db, optimize, repair, empty/drop tables, run SQL query, Db option, dan uninstall ). Mari kita bahas satu persatu, sebelumnya ijinkan saya untuk membuat secangkir kopi dulu.. 🙂

Database : opsi ini berfungsi untuk melihat database information dan table information, perhatikan gambar di bawah ini.

Table information

Table information

Pada kolom ke 8,9,10,11 terlihat tabel yang masih eksis, padahal plugin tersebut sudah saya remove, tetapi masih menyisakan field ditabel database kita. Hal seperti ini yang tidak kita inginkan bukan? Jika kita tidak peduli akan hal ini maka bisa dipastikan database kita akan menjadi gendut dan tidak optimal, karena banyak terdapattabel yang sudah tidak dibutuhkan lagi. Selain itu kebiasaan kita para blogger sering kali install dan uninstall plugin kan..hehehe, saya juga sih..

Backup DB : Opsi ini pasti semua sudah pada tahu apa kegunaannya, yup untuk melakukan backup database secara manual, artinya ada campur tangan kita dalam melakukan proses ini.

Backup DB Option

Backup DB Option

Perhatikan gambar di atas, anda tinggal klik backup untuk menjalankan opsi ini. Jika server yang anda gunakan support Gzip silahkan gunakan aktifkan opsi Gzip database backup file, tapi rata – rata server hosting sudah suport koq.

Manage backup db : berguna untuk menghapus hasil backup yang sudah tidak anda perlukan  lagi, sehingga dapat menghemat space hosting anda, kalau anda mempunyai space yang unlimited, biarin aja gak usah dihapus. Pada bagian ini anda juga dapat mengirimkan hasil backup tersebut ke alamat email yang anda inginkan, atau anda dapat mendownload hasil backup tersebut dan menyimpannya dikomputer anda.

Optimize db : Sama seperti yang anda bayangkan, opsi ini berguna untuk melakukan optimasi terhadap database kita.

Repair db : Sering kali ada bagian dari database kita yang rusak, atau crash karena berbagai hal, nah opsi ini berguna untuk memperbaiki kerusakan tersebut.

Empty/drop tables : Opsi ini digunakan untuk menghapus tabel, dan row dalam tabel, berhati – hatilah menggunakan opsi ini, karena sekali anda mengeksekusi opsi ini maka tidak ada opsi untuk mengembalikan tabel dan row yang sudah anda hapus.

Run SQL query : Anda mengerti perintah – perintah SQL, jika anda mengerti silahkan gunakan fasilits ini, tetapi jika tidak mengerti saya sarankan jangan gunakan fasilitas ini.

Db option : Pada bagian ini anda dapat menentukan path ke mysqldump, mysql,  atau jika tidak tahu lokasi pathnya silahkan gunakan fasilitas auto detect saja. Selain itu anda juga dapat menentukan lokasi untuk penyimpanan hasil backup anda. Anda juga dapat menentukan jadwal backup dan jadwal optimasi database pada bagian ini.

Uninstall : Ini mah kagak usah dijelasin ya..

Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat yach, besok saya janji akan membahas plugin – plugin lain yang mungkin akan berguna bagi teman – teman semua.

Digg it StumbleUpon del.icio.us Google Yahoo! reddit

  1. Hanita
    July 23rd, 2009 - 12:35

    ingat.. sebaiknya file sql dumping cepet2 dhapus ato disembunyiin.. tar bisa dicuri loh…
    .-= Hanita´s last blog ..Aduuh..kok komentar pada masuk spam =-.

  2. bujang
    July 24th, 2009 - 05:16

    Kebetulan saya juga pakai mas, cuma sepertinya nggak akur jika digabungkan dengan plugin…….., kemarin bahkan sempat crash. Benar kok, kalau untuk repair database bagus sekali.
    .-= bujang´s last blog ..DI JUAL (anjing kurap, kudis dan kurus ) Rp. 800.000,– Cash. =-.

    • Planet Orange
      July 24th, 2009 - 11:00

      gak kompak ama plug in apa ya bro…?

  3. ganda
    July 24th, 2009 - 16:25

    menilik dari struktur penamaan tabelnya, masih menggunakan prefix wp_ kah bang? Tidak baik untuk faktor security bang. WordPress memang lemah dari sisi optimasi database, tidak seperti CMS lainnya. Kalau masalah SEO, hmm… menilik sudah kurang di perhatikan SE(search engine), masih dapat di ubah-ubah tanpa plugin. Dan sebenarnya mudah.
    .-= ganda´s last blog ..WordPress Tip : Create Highlighted Author’s Comments =-.

  4. adhit
    July 29th, 2009 - 11:08

    wah lumayan niy buat newbie kyk saya gk repot2 masuk cpanel dsb, di hosting gratis mana ada SSH 😀
    .-= adhit´s last blog ..Asal Mula 11 Merek Perusahaan Elektronik Dunia =-.

  5. rismaka
    August 1st, 2009 - 23:07

    Ini lester chan punya plugin kah?

  6. satukata
    March 15th, 2010 - 10:04

    sepertinya ni pluign mantap

    boleh dicoba buat pengalaman

Leave a Reply